Mengenal 3 Jenis Pajak Beserta Perbedaannya


Pajak online menjadi sangat populer di era digital ini. Pajak merupakan salah satu kewajiban warga negara yang harus dibayarkan kepada negara yang biasanya Anda bayarkan setiap tahun. Pajak sendiri juga terbagi menjadi beberapa jenis, tentunya cara penghitungan dari masing-masing jenis pajak tersebut juga berbeda. Sebagai warga negara yang baik tentunya Anda akan selalu taat pajak, tetapi ketidaktahuan terkait cara penghitungan dan pengelompokan pajak sering kali membuat Anda bingung.

Sebenarnya jenis pajak dibagi berdasarkan kriteria wajib pajaknya. Pemerintah sudah membagi setiap kriteria wajib pajak berdasarkan kriteria tertentu. Mereka juga sudah menetapkan besaran iuran pajak yang harus dikeluarkan wajib pajak berdasarkan kriteria tersebut. Dan tentunya sebagai wajib pajak, Anda juga harus mengerti Anda masuk kriteria yang mana agar bisa lebih mudah melaporkan SPT atau Surat Pelaporan Pajak.

Jenis-Jenis SPT Pajak dan Kriterianya yang Wajib Anda Ketahui

Karena sebelum melakukan pembayaran pajak Anda harus melaporkan SPT terlebih dahulu, maka Anda harus mengerti tentang jenis SPT dan kriterianya agar bisa mengurus administrasi dengan benar. Dan berikut adalah jenis SPT pajak yang harus Anda ketahui.

SPT 1770SS

SPT ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki kriteria karyawan atau pekerja yang memiliki penghasilan kurang dari 60 juta per-tahun. SPT ini adalah SPT yang paling sederhana karena hanya menginformasikan tentang penghasilan yang Anda terima dan juga hutang yang Anda lakukan selama satu tahun.

SPT 1770S

SPT ini digunakan bagi Anda yang memiliki kriteria: karyawan atau pekerja dengan penghasilan lebih dari 60 juta per-tahun, karyawan atau pensiunan dari satu atau beberapa perusahaan, memiliki penghasilan lain dari dalam negeri, serta memiliki penghasilan yang dikenakan pajak final.

SPT 1770

SPT ini digunakan bagi Anda yang memiliki kriteria: karyawan yang sekaligus memiliki usaha, memiliki penghasilan dari usaha atau pekerjaan bebas lain, memiliki penghasilan yang dikenakan pajak final, memiliki penghasilan lain dari sewa, hadiah atau penjualan warisan, memiliki penghasilan dari satu atau beberapa pemberi kerja.

Cara Aman Melaporkan SPT dan Melakukan Pembayaran Pajak Online

Sebagai warga negara yang baik, Anda tentunya akan selalu berusaha untuk taat pajak. Tetapi terkadang proses administrasi pajak yang panjang seringkali menjadi alasan untuk menunda bayar pajak. Tetapi sekarang tenang saja, karena Anda kini bisa melaporkan SPT dan bayar pajak online.

Lalu bagaimana cara lapor SPT dan bayar pajak secara online yang mudah dan aman? Anda bisa langsung menggunakan Aplikasi E-Filling. Dan sejak tahun 2014 lalu DJP sudah mengembangkan aplikasi E-Filling miliki pemerintah sebagai media pelaporan dan pembayaran pajak secara online.

Penggunaan aplikasi untuk perpajakan sangat memudahkan dalam pembuatan Efin atau pembayaran pajak online. Anda hanya perlu membuat Efin, registrasi akun e-filling DJP, lalu laporkan Pajak dan unggah SPT.  Dan agar Anda bisa lebih mudah untuk menentukan kriteria pajak, Anda juga bisa menginstal aplikasi seperti BukuKas. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk membuat catatan keuangan harian. Dengan demikian pendapatan serta hutang yang Anda lakukan bisa terinci dengan baik.

No comments for "Mengenal 3 Jenis Pajak Beserta Perbedaannya"