Ternyata Mendengarkan Musik Bisa Tingkatkan Mood


Berdasarkan studi yang dilakukan Simone Ritter dari Radbound University di Belanda dan Sam Ferguson dari University of Technology Sydney, Australia yang melibatkan 155 partisipan.

Mereka melakukan Riset untuk mengetahui efek yang ditimbulkan oleh Musik terhadap kemampuan Kognitif seseorang. Partisipan dibagi menjadi beberapa kelompok dan harus mendengarkan satu dari empat genre Musik yang berbeda, yaitu Musik bertempo tenang, bahagia, sedih, dan gelisah serta grup yang tidak mendengarkan Musik apa pun.

Setelah Musik mulai diperdengarkan, partisipan mulai mengerjakan beberapa tugas terkait dengan kemampuan Kognitif otak. Hasil analisa menemukan bahwa grup yang mendengarkan Musik dengan tempo cepat atau bertema bahagia dapat memberikan solusi yang inovatif dalam menghadapi masalah serta dapat memberikan ide-ide kreatif.

Sementara itu, hasil Penelitian Dr. Teresa Lesiuk dari University of Windsor, Kanada juga menunjukkan bahwa Musik dapat membantu menyelesaikan tugas repetitif lebih cepat dengan kesalahan yang minim.

Saat mendengarkan Musik favorit, tubuh akan mengeluarkan hormon pemicu kebahagiaan seperti dopamin dan Serotonin. Pekerja pabrik, akuntan, bahkan dokter bedah pun gemar mendengarkan Musik untuk meningkatkan Mood dan mengurangi stres.

Lalu, bagaimana Musik dapat membuat pendengarnya lebih fokus saat bekerja? Menurut Will Henshaw, seorang multi-instrumentalis, jenis Musik yang paling cocok untuk membantu seseorang agar lebih fokus bergantung pada tipe otak.

Musik elektronik bertempo cepat (dance atau trance) yang kemudian diikuti dengan Musik bertempo lambat, seperti Musik klasik, adalah pilihan terbaik. Musik pengiring bekerja terbaik menurut Henshaw, adalah Musik yang tak ingin didengar sebenarnya.

No comments for "Ternyata Mendengarkan Musik Bisa Tingkatkan Mood"