Mengenal Rapid Test Untuk Mendeteksi Virus Corona


Corona atau covid-19 merupakan sebuah virus yang diklaim penyebaranannya  berasal dari negara China. Bahkan virus ini sudah dianggap sebagai pandemi, dimana penyebarannya hingga seluruh dunia. Proses penyebaran yang dapat dengan mudah terjadi dan menyebar mengakibatkan siapa saja yang berdampak akan membuat orang-orang disekitarnya akan ikut terjangkit virus ini. Virus yang dapat menular melalui berjabat tangan, batuk, bersin, bahkan kontak langsung. Virus ini belum memiliki obat untuk proses penyembuhannya. Untuk itu deteksi dini sangat perlu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran covid-19 ini. Salah satu tahap awal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan rapid test. Untuk itu kita perlu mengenal rapid test covid-19, Rapid test sendiri adalah sebuah metode skrining pada fase awal untuk mendeteksi antibody manusia untuk melawan menempelnya virus covid-19.

Pemeriksanaan ini hanya merupakan pemeriksaan penyaring, sehingga bukan untuk mendiagnosa terinfeksi atau tidak orang tersebut. Prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk memulai rapid test adalah dengan mengabil sampel darah kita kemudian meletakkannya didalam alat rapid tersebut untuk selanjutnya diberikan cairan tanda antibodi. Hasil dari tes ini dapat dilihat setelah kurun waktu 10 sampai 15 menit. Setekah jangka waktu tersebut, hasil tes akan keluar berupa garis yang akan muncul pada alat tersebut. Untuk orang yang antibodinya menunjukkan positif pada tes rapid tersebut itu menunjukkan bahwa orang tersebut pernah terinfeksi covid-19. Namun hal tersebut bisa saja sebaliknya, misalkan pada orang yang terinfeksi virus corona ini namun didalam tubuhnya belum membentuk antibodi pembunuh virus corona, hasil yang akan muncul akan tetap negatif.

Untuk itu jika kalian ingin melakukan test ini kalian perlu melakukannya selama beberapa kali dalam jangka waktu satu minggu hingga 10 hari dari waktu tes pertama kali. Namun untuk hasil positif pada anti bodi yang telah diuji, bukan berarti sudah langsung otomatis terpapar virus covid-19 ini, namun harus dilakukan rangkaian pemeriksaan lainnya untuk memastikan adanya virus corona didalam tubuh pelaku test rapid. Selaini itu kalian juga perlu melakukan isolasi mandiri sesuai anjuran pemerintah untuk dirumah saja selama 14 hari, hal ini dimaksudkan untuk membentuk antibodi pembunuh virus corona. Meskipun rapid test sangat mudah dilakukan, namun tidak semua orang dapat melakukannya sendiri, untuk itu halodoc.com memberikan layanan untuk melakukan rapid test bagi kalian semua.

Dengan bekerjasama dengan berbagai mitra rumah sakit, Halodoc memberikan layanan test rapid untuk kalian yang berlokasi di wilayah jabodetabek dan sekitarnya. Pelayanan yang dilakukan adalah memeriksa sampel darah yang kemudian akan diuji untuk mengetahui antibodi dan imunoglobulin, sehingga virus akan dapat diidentifikasi dengan cepat. Berikut adalah beberapa cara yang dilakukan hallodoc dalam melakukan rapid test:

  • Pilih tobol covid-19 test pada aplikasi halodoc, kemudian pilih lokasi rapid test drive untuk memiih tempat dan waktu pemeriksaan rapid test corona. 
  • Kemudian kalian bisa mengunggah foto atau scan KTP ataupun KK jika belum punya KTP, untuk kemudian melakukan pemesanan.
  • Lakukan tahap pembayaran dengan harga yang tergantung pada biaya jasa medis dan alat-alat yang akan digunakan untuk mmelakuakn rapid test.
  • Jika sudah, kalian hanya perlu menunggu sms konfirmasi tentang jadal test yang telah kalian ajukan sesuai dengan pesanan yang telah kalian buat. Jangan hapus sms konfirmasi ini karena akan digunakan sebagai bukti ketika hendak melakukan test nanti.

No comments for "Mengenal Rapid Test Untuk Mendeteksi Virus Corona"